Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

apa saja menulis kalimat iklan versi saya

berikut ini informasi mengenai apa saja menulis kalimat iklan versi saya Ada yang rutin promosi, tapi jualannya masih sepi. Ada yang jualannya sudah lama, melainkan gak ada peningkatan.Hasilnya semacam itu-demikian itu saja. Ada juga yang bingung, gak tau patut menulis iklan seperti apa. Memang, membuat iklan itu ada ilmunya sendiri. Dan nama ilmunya adalah *Teknik Menulis Copywriting*Bila kita renungkan bagus-bagus. Rupanya skill menulis iklan dalam bisnis itu memang penting.Kelas Dalam bisnis Online, Copywriting berperan amat penting. Ibaratkan film, mungkin Copywriting adalah salah satu artis pria utamanya. Kenapa?Karena mayoritas transaksi terjadi via artikel.Mengedukasi, menjelaskan, membimbing, memberikan info, membuat segera transfer, jualan, malah tawar menawar, hehe apabila ada sih.
Kesibukan yang barusan, itu lewat tulisanBukan melalui telepati, hehe.....(ahdan ahmad)





mari kita mulai,saya akan menjabarkan dulu mengenai apa itu copywriting ? agar nantinya kamu semakin paham mengenai copywriting ini.




KAMU MUNGKIN SUDAH TAHU KAN?


ketika kita berbisnis apapun promosi itu benar-benar sangat penting. dengan adanya Promosi ini bisa memberikan penjelasan mengenai produk kita kepada penjual selain itu di satu titik, promosi ini juga bahkan bisa membuat hasil jualan kita melonjak seketika.

sehingga jika hasil jualan kita semakin banyak, itu artinya semakin banyak uang yang masuk ke bisnis kita. Dan biasanya, semakin banyak uang yang masuk, itu artinya semakin banyak penghasilan yang bisa kita dapatkan.

Iya atau iya?? hehe


coba kamu Bayangkan ketika kamu berhasil menjual 10 produk dalam satu hari, lalu bandingkan di hari lainnya kamu berhasil menjual 100
produk dengan harga satuan yang sama.

Mana yang hasilnya lebih banyak??

Saat kamu berhasil menjual 10 produk atau 100 produk?? Saya rasa jawaban semua orang akan sama persis. Semakin banyak yang berhasil di jual, semakin banyak yang hasil yang bisa di bawa pulang.

“Semakin Banyak Hasil Jualannya, Semakin Banyak Penghasilannya”

Karena hal inilah kita harus sadar bahwa promosi itu penting dalam perjalanan bisnis kita. Karena secara tidak langsung promosi berpengaruh ke penghasilan kamu.
Nah, ngomong-ngomong soal promosi, maka kita akan selalu bertemu dengan sesuatu yang namanya ikan. Eh, maksudnya iklan, hehe ^^

Tau kan iklan itu apa??

Ya pasti tau lah, gak mungkin gak tau. Zaman sekarang kalau gak tau iklan, mungkin tinggalnya dalam goa, hehe ^^ Tapi agar pemahaman kita sama, maka Saya akan mejelaskan pengertian tentang iklan.
Jadi, iklan adalah suatu pesan tentang barang atau jasa yang disampaikan lewat suatu media. Tujuan iklan adalah agar orang
menjadi tertarik untuk membeli atau menggunakan produk yang di iklankan. Dalam bisnis agar bisa membuat iklan yang bagus, kita bisa menempuh 2 cara.

Pertama adalah membuat sendiri iklannya,
yang kedua adalah menyewa jasa profesional untuk membuatkannya.

Dari 2 pilihan ini, ternyata kebanyakan pebisnis menempuh jalan pertama. Ya wajar saja, meminta orang lain membuat iklan, butuh nominal senilai jutaan. Banyak yang berfikir, uang sebanyak itu, lebih enak di buat makan-makan, daripada di berikan ke orang lain, hehe.

Masalahnya, Saya menemukan banyak sekali teman-teman yang masih merasa kesulitan dalam membuat iklan sendiri. Terutama yang berkecimpung di bisnis online. Curhat mereka,

“Menulis iklan itu sulit”. Atau ada juga yang curhat “sudah capekcapek nulis iklan, eh jangankan dapat pembeli, yang tanya-tanya aja gak ada” Apakah ini yang juga kamu alami?

Jika ya, Saya akan coba berikan solusinya lewat ebook ini. Yang perlu kamu lakukan cukup baca saja ebooknya sampai habis, hehe. Saya percaya bahwa segala masalah pasti ada solusinya. Dan untuk masalah di atas, salah satu solusi yang bisa Saya tawarkan adalah sebuah ilmu. Ilmu ini di sebut dengan ”Menulis Copywriting”

Daripada Saya jelaskan asal-asalan, lebih baik kamu lihat penafsiran versi Pakde wiki. Menurut beliau, Copywriting adalah

" Written content conveyed through online media and print materials. Copy is content primarily used for the purpose of advertising or marketing. This type of written material is often used to persuade a person or group as well as to raise brand awareness. The ultimate goal of copy is to get the reader to take a
particular action."

Inti versi bahasa inggrisnya seperti itu, nah versi bahasa tarzannya, Copywriting adalah tulisan yang disampaikan melalui media
Online atau media cetak yang biasa digunakan untuk memasarkan sesuatu. Tulisan itu untuk mempengaruhi dan meyakinkan satu atau sekumpulan orang terhadap suatu produk.

Goal utama dari tulisan ini adalah untuk membuat pembacanya melakukan suatu hal yang spesifik. Perhatikan kalimat diatas.

Jika diambil poin-poinnya, Copywriting itu

1. Tulisan
2. Memasarkan
3. Mempengaruhi dan meyakinkan
4. Membuat pembacanya melakukan sesuatu

Jadi, terjemahan simplenya. Copywriting adalah tulisan yang digunakan untuk memasarkan sesuatu dengan cara mempengaruhi dan meyakinkan, agar
siapapun yang membaca tulisan itu melakukan sesuatu.

Ngomong-ngomong melakukan sesuatu itu, melakukan apa sih??

Ya banyak, dengan copywriting.

  •  Kita bisa mengedukasi orang yang tidak paham produk kita, jadi paham apa yang kita jual.

  •  Kita bisa membuat orang yang cuek dengan produk yang kita jual jadi tertarik.

  •  Kita bisa membuat seseorang membeli produk kita tanpa menunda.

  •  Kita bisa membuat seseorang membeli berulang-ulang kali kepada kita.

  •  Kita bisa memasarkan produk kita lebih mudah, dan banyak hal lain-lainnya.


Copywriting menarik kan untuk di pelajari? ^^

Guru Saya pernah menyampaikan, ”Mustahil seseorang bisa jualan online laris manis, tanpa menguasai Copywriting” Jadi kesimpulannya, Mempelajari Copywriting itu PENTING pakai BANGET, hehehe.

Pertanyaannya sekarang, Kalau mau belajar copywriting harus mulai dari mana??
Mulai saja dari membaca terus Ebook ini, hehe Saya akan jelaskan

pelan-pelan.
COPYWRITING MINDSET

Banyak orang berfikir, inti dari copywriting adalah jualan.

Pokonya jualan !
Pokoknya harus dapat pembeli !
Pokoknya harus dapat transferan !
Berfikir seperti ini boleh saja, tapi mari lihat dari sudut pkamung
yang lain.

Yang Saya pahami, Pada dasarnya, copywriting adalah PENGGANTI KOMUNIKASI Jika kita terbiasa berkomunikasi dengan lisan atau berbicara langsung. Maka dalam dunia copywriting, komunikasi dilakukan dengan tulisan.

Ya, kita menyampaikan sesuatu dengan tulisan. Kita memasarkan produk kita dibantu dengan tulisan. Nah, dalam prinsip komunikasi, komunikasi yang baik adalah ketika orang lain PAHAM apa yang kita sampaikan. Perhatikan kata yang Saya tulis tebal, karena itu kata kuncinya.

Inilah alasan kenapa banyak orang gagal membuat copywriting alias gagal menjual produk mereka. Mohon maaf, kebanyakan orang hanya menulis secara asal, tidak berusaha membuat pembacanya paham dengan apa yang mereka jual. Padahal, Bisa jadi orang lain tidak beli produk kita, bukan karena mereka cuek.

Bisa saja mereka tidak beli, karena mereka tidak paham dengan apa yang sebenarnya kita jual. “Orang lain Hanya Membeli Produk yang Mereka Pahami” Karena itu, saat kamu membuat iklan, yang kamu harus lakukan pertama kali adalah berusaha untuk membuat pembaca iklan kamu paham dengan apa yang kamu tawarakan. Setidaknya untuk mengerti hal diatas, ada 3 prinsip yang bisa kita ingat

  • Prinsip Pertama - Jika produk kita tidak di kenal, maka orang lain otomatis akan menolaknya.

  • Prinsip Kedua - Jika orang yang kita juali tidak paham dengan detail manfaat produknya, maka mereka akan mengatakan harganya mahal

  • Prinsip Ketiga - Semakin detail penjelasan kita, semakin besar kemungkinan produk kita di beli.


Jadi, ketika kamu iklan, dan ingin produk kamu tidak ditolak, tidak dianggap produknya mahal, dan ingin dapat pembeli, maka berusahalah membuat orang lain kenal produk kamu, buat calon pembeli paham dan buat calon pembeli mengerti tentang produk kamu. Setelah kamu membaca sampai sini, maka kamu sekarang mengerti bahwa membuat orang paham dengan apa yang kita tuliskan adalah inti dari Copywriting.

“Copywriting adalah Pengganti Komunikasi. Jika komunikasinya asal-asalan, hasilnya juga asal-asalan” CARA MENULIS COPYWRITING Agar bisa menulis copywriting yang menarik, ada banyak sekali pola yang bisa kamu pelajari.

jika membahas tentang copywriting, beda guru, beda penyampaian. Nah, agar kamu tidak bingung, maka dalam artikel ini Saya ingin memberikan kamu pendekatan yang paling mudah tapi terbukti ampuh untuk kamu coba saat menulis copywriting.

Yaitu menulis copywriting dengan Formula AIDA Formula AIDA ini bisa membantu kamu menulis Copywriting dengan Lebih cepat, lebih baik dan lebih mudah dari sebelumnya.

AIDA adalah singktan dari A = Attention I = Interest D = Desire A = Action

Formula ini sudah berurutan, tidak bisa dibalik-balik.

Lalu bagaimana cara menggunakan formula ini dalam copywriting?

Alias dapatkan perhatian target pasar kamu. Jika kita tidak bisa membuat target pasar tertarik membaca iklan kita, maka kita tidak punya kesempatan untuk menjelaskan produk yang kita miliki. Dan itu artinya tidak akan ada penjualan. “No Attention, No Sales” Agar bisa menarik perhatian target pasar, maka kita perlu menggunakan headline.

Buat yang belum tahu, secara sederhana Headline adalah kalimat awal dalam iklan kamu. Fungsi headline adalah membuat orang mau membuka iklan kita. Karena itu, headline haruslah menarik dan bisa membuat orang penasaran. Ngomong-ngomong tentang headline, ada banyak cara untuk menulis Headline. kamu bisa gunakan satu teknik yang Saya paling suka. Rumusnya adalah Bagaimana (Manfaat) tanpa (Hambatan)

Contohnya Headlinenya jadi seperti ini  Bagaimana cara mendapatkan 10 juta perbulan tanpa harus ke kantor  Bagaimana turun 10 kg tanpa diet ketat "Mendapat 10 juta perbulan" dan "turun 10 kg" itu adalah contoh manfaat.

Sedangkan "Harus ke kantor" dan "Diet ketat" adalah hambatan. Ketika di gabungkan, jadi menarik deh, hehe Selain headline, kamu juga bisa menarik perhatian target pasar dengan video atau gambar.

Apalagi jika kamu jualan di sosmed, dimana kebanyakan orang hanya scroll tanpa memperhatikan iklan yang ada. Oleh karena itu, disinilah gunanya mendapatkan perhatian. kamu wajib mencuri perhatian pembaca.

Jika tidak bisa mencuri perhatian, maka iklan kamu tidak akan dibaca. Setelah mencuri perhatian pembaca, buat mereka untuk tetap membaca setiap tulisan kamu. Pada poin ini, berceritalah sesuatu yang menarik untuk mereka. Buat mereka mengangguk angguk membaca tulisan kamu.

kamu bisa bercerita sesuatu yang menyentuh sisi emosional, menyajikan fakta-fakta, memberitahu hasil riset, atau yang paling mudah dilakukan adalah kamu bisa mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan masalah target pasar kamu. Gunanya bagian ini adalah untuk membangun hubungan dengan pembaca.

Karena jika hubungan telah terbangun, maka jualan akan jadi lebih mudah. Di tahap ini, ,ulai jelaskan solusi berbentuk produk atau jasa kepada pembaca iklan kamu. Beritahu mereka kamu punya sesuatu yang mereka cari. Jelaskan produk kamu sejelas-jelasnya.

Dan jangan lupa, berikan penawaran yang sangat menarik sehingga pembaca sulit menolaknya. Beritahu kerugian yang mereka dapatkan ketika menunda membeli produk kamu atau kamu juga bisa memberitahu keuntungan yang bisa didapatkan jika mereka membeli tanpa menunda. Setelah semua itu, beritahu pembeli hal spesifik yang harus mereka lakukan.

Apakah membeli, menghubungi siapa, daftar dengan cara apa, isi form, klik link, atau apa? Beritahu secara jelas, karena jika bagian ini tidak jelas, maka iklan kamu hanya jadi susunan kalimat dan tidak menghasilkan apa-apa.

Itulah Formula AIDA, dapatkan perhatian target pasar, buat mereka betah membaca iklan kamu, jelaskan manfaat produk kamu, dan arahkan mereka untuk melakukan sesuatu. Untuk memberikan kamu gambaran, maka Saya akan memberikan contoh berupa copywriting yang menggunakan formula ini.

Saya akan ambil contph copywriting yang pernah digunakan untuk merekrut Agen entrepreneurID Silahkan ke halaman selanjutnya untuk melihat contohnya.













Jika kamu perhatikan, maka seperti itulah formula AIDA bekerja. kamu bisa gunakan formula ini untuk menulis iklan kamu. Dapatkan perhatian target pasar, buat mereka betah membaca iklan kamu, jelaskan manfaat produk kamu, dan arahkan mereka untuk melakukan sesuatu.

Selamat berlatih. ^^

MATERI BONUS - SOLUSI SAAT MENTOK MENULIS COPYWRITING


Sebagai penutup artikel ini, Saya akan membahas sesuatu yang pasti di alami oleh semua orang. Yaitu mentok saat menulis copywriting. Kenapa Saya katakan semua orang? Karena memang semuanya mengalami masalah ini, hehe Pada kenyataannya, mereka yang ahli copywriting sekalipun akan mengalami stuck. Ya, tidak selalu lancar dalam menulis iklan.

Karena hal inilah, jika kamu pernah mentok saat menulis, maka jangan langsung menyerah. Semua orang mengalami hal yang sama, tapi mereka yang tidak menyerah akan terus berkembang jadi lebih baik. Justru kalau nyerah, iklannya gak jadi-jadi. Benar? Walaupun prosesnya Tulis, hapus berkali-kali, teruskan aja menulis.

Walaupun yang dihapus lebih banyak daripada yang ditulis, tapi teruslah mencoba. Di awal-awal belajar nulis kan memang seperti itu. . ^^

Nah, di materi ini Saya ingin berbagi tips tentang apa yang harus di lakukan jika kamu mentok saat menulis. . kamu boleh praktikan, karena cara ini cukup ampuh. . Saya akan share beberapa cara ya, silahkan di lakukan saat kamu mentok dalam menulis. Jika kamu mentok, tidak tau mau menulis apa,

maka yang harus dilakukan adalah buka kembali Referensi yang kamu miliki. Ya, coba cari kalimat-kalimat atau ide dari buku-buku tentang copywriting yang kamu miliki, atau kursus online yang pernah kamu ikuti. Siapa tau dari kalimat-kalimat yang ada disana, kamu mendapat insiprasi untuk melengkapi iklan kamu.

Tidak perlu malu untuk melihat referensi, karena memang kegiatan utama kita bukan menulis iklan. Kita tidak akan bisa menghapal seluruh jurus tentang copywriting yang ada di dunia ini.

Pasti ada teknik-teknik yang kita lupakan. Karena itu, saat mentok, buka referensi kamu. Saya perlu sampaikan pentingnya memiliki referensi tentang copywriting. Entah darimanapun sumbernya. Dari kursus online oke, dari buku oke, dari file-file gratis juga oke. Yang penting kamu punya. Jika menulis copywriting itu di ibaratkan memasak. Maka referensi itu seperti buku resep atau guru masak.Ketika kita mulai menulis iklan, maka minimal kita butuh tuntunan.

Jangan ngotot nulis asal- asalan karena copywriting asal biasanya hasilnya ikutan asal, hehe Kita mungkin bisa menjual satuan sampai belasan produk dengan copywriting seadanya.

Tapi jika ingin menjual ratusan sampai ribuan produk, kita butuh copywriting yang profesional. Bayangkan, apa yang terjadi jika seseorang di minta memasak sesuatu tanpa panduan padahal sebelumnya dia tidak memiliki pengetahuan atau pengalaman satupun? Bisa jadi masakannya tidak bisa di makan, hehe Inilah yang Saya sadari, Banyak orang curhat tidak bisa menulis iklan, bukan karena mereka tidak berbakat.

Mereka ngaku tidak bisa menulis, karena mereka tidak pernah belajar dan tidak memiliki referensi. Karena itu, kamu jangan seperti itu ya. . Saat mentok, buka kembali referensi yang kamu miliki ^^ Yang bisa kamu lakukan saat kamu mentok dalam menulis adalah coba ubah pola kamu.

Jika kamu biasa menulis di atas meja, saat mentok, cobalah menulis di lantai. Jika kamu biasa menulis di kamar, saat mentok, coba pindah ke ruangan lainnya. Jika kamu biasa menulis sambil duduk, saat mentok cobalah pindah posisi jadi berbaring. Atau kebiasaan-kebiasaan kamu lainnya, ketika mentok, cobalah untuk mengubahnya.

Setelah polanya kamu ubah, berusahalah untuk fokus menulis. Pola perlu diubah, untuk menjaga mood. Mungkin kita jenuh dengan aktivitas biasa, maka sesekali ubah polanya dan dapatkan hasil berbeda ^^ Dan dari seluruh ubah pola yang ada, ketika mentok,

coba menulislah sambil tiduran Tiduran ya, bukan tidur beneran, hehe ^^ Sambil tiduran, coba tenangkan pikiran kamu. Nikmati sensasinya. Lalu fokuslah menulis.

Saat kita tiduran, maka pikiran cenderung tenang. Ketika pikiran kita tenang, maka otak kita akan masuk ke gelombang alpha. Kondisi ini akan memudahkan kita mengakses alam bawah sadar kita.

Dimana alam bawah sadar, menyimpan puluhan ribu kali lipat informasi di alam sadar kita. Penelitian membuktikan, ketika otak di paksa mengingat sesuatu, maka yang terjadi adalah otak terlalu stress sehingga kita malah tidak mampu mengingatnya.

Sebaliknya, ketika kita tenang, maka kita ingatannya akan lebih bagus. Tenang ya, bukan tegang, hehe. Coba perhatikan, orang yang tenang, mereka mampu berfikir lebih jernih.

Yang tenang, bisa mengambil keputusan lebih matang. Tenang itu berguna saat menulis copywriting. Nah, salah satu cara untuk mendapatkan kondisi ini adalah dengan tidur-tiduran. Asal jangan tidur beneran ya, hehe ^^ Dan terakhir, kamu juga bisa cara ini saat mentok dalam menulis. Yaitu Refreshing. Ya, kalau mentok, segera Refreshing. Mainan, hibur diri kamu.

Lagi mentok? Jangan di paksa, kasihan otak nya, hehe. Di tubuh kita ini ada hormon-hormon yang membantu kita untuk lebih produktif. Nah, hormon tersebut di stimulasi dengan kondisi mental kita. Kalau lagi stress, suntuk, jangan nulis.

Mending mainan aja. ^^ Ketika mentok, Coba bawa untuk menonton film, membaca, jalan-jalan. Makan di luar, kumpul bareng teman, pergi kekomunitas yang positif. Intinya lakukan hal yang kamu senangi. Selama halal dan positif tidak masalah.

Coba perhatikan, saat kamu sedang dalam kondisi bahagia dan kamu dalam kondisi jenuh. Saat mengerjakan sesuatu, mana yang selesai lebih cepat? Ketika dalam kondisi senang, seseorang lebih cepat dalam mengerjakan sesuatu. Jadi, kalau mentok saat nulis, bawa refreshing saja, Jika sudah cukup, kembali aktivitas. ^^

Itulah 3 tips yang terbukti ampuh dan bisa kamu lakukan ketika kamu mentok dan gak tau bagaimana cara menyelesaikan iklan kamu. Pertama, Buka kembali referensi yang kamu miliki Kedua, Ubah kebiasaan kamu ketika kamu mentok.

Cobalah untuk tenang dan menulis sambil tiduran Dan ketiga, kalau benar-benar suntuk, hibur diri kamu. Pergi refreshing, lalu kembali aktivitas lagi. Lakukan hal ini, dan rasakan bedanya ^^ Semoga artikel ini bermanfaat. Sekian dulu dari Saya ya.

( PENULIS : DEWANGGA : OWNER ENTREPRENEURID")


demikian lah informai mengenai apa saja menulis kalimat iklan versi saya semoga bermanfaat